Blog Business Review Gadget Games General Highlight Humour Internet Mailbox Opinion Tips&Tricks Tutorial

Tips Cara Merawat PlayStation (PS) Agar Lebih Awet



Author: DHINATACOM
Posted: 21.07.2008 at 05:01.
Last Updated: 21.07.2008 at 19:32.
57 Komentar.

ElevenGamer | Forum Diskusi Gamer PES WE FIFA Indonesia

Punya PlayStation (PS) pribadi ternyata ada untung ruginya. Keuntungannya biaya pengeluaran untuk bermain PS dirental bisa pangkas habis kecuali kalau memang mau bermain bersama banyak teman sekaligus, baru deh ke rental PS. Bermain dirumah dengan PS sendiri juga lebih nyaman karena segala perangkat yang digunakan seperti mesin PS, CD/DVD games, serta stick terjaga perawatannya sehingga kenikmatan bermain tidak terganggu karena banyak yang rusak disana-sini.

Lalu kerugian apa? Mmm… sebenarnya sih gak selalu ada. Tapi jika pemiliknya jorok dan tidak telaten dalam merawat wah bisa hancur pelan-pelan tuh PS. Karena itu milik pribadi, mau gak mau ya kita yang harus service atau beli perangkat barunya kalau ada yang rusak. Dalam artikel kali ini, saya punya sedikit tips cara merawat PS. Tips ini mungkin sudah Kamu sering lakukan, tapi jika belum bolehlah dicoba. Cara ini berlaku untuk PSX, PS One, PS2, dan PS3 dengan versi dan tipe apapun karena memang ditulis secara umum.

Tips ini merupakan rangkuman dari berbagai gamer PS, sekalian sebagai jawaban dari saran rekan Tips pada artikel Cara jadi Jago main Winning Eleven/PES. Berikut tips cara merawat PS.

  • Untuk merawat stick bisa menggunakan alkohol. Caranya tidak terlalu sulit. Buka casing stick PS lalu secara perlahan bersihkan lempengannya menggunakan kapas yang sudah dituang alkohol secukupnya. Dianjurkan melakukan ‘ritual’ ini sebulan sekali. Dijamin debu dan macet tidak akan ada lagi.
  • Sewaktu bermain jangan sampai stick ketarik apalagi sampai lepas dari mesin PS. Biasanya terjadi pada gamer yang kalah bermain atau kesel karena sticknya sering macet. Kalau stick kebanting akan menyebabkan keretakan pada lempengan dalam stick. Gak maukan kalau harus sering beli stick baru?
  • Jangan menggulung kabel stick. Kalau ingin meyimpan PS ketika selesai bermain, kabel stick PS jangan digulung. Ini akan menyebabkan kabel bagian dalam putus aliran (kabel tembaga didalamnya).
  • Buang CD/DVD PS yang rusak atau penuh goresan. Kalau ternyata CD/DVD game kesayanganmu sudah penuh goresan yang cukup parah lebih baik jangan dipakai. Jika tetap ngotot dipakai bisa membuat optik PS menjadi lemah. Makanya hati-hati ketika memegang dan menyimpannya. Bersihkan optiknya seminggu sekali dengan menggunakan CD Lens Cleaner. Banyak kok dijual di toko elektronik, penjual game PS, dan toko komputer.
  • Jangan bermain PS sambil makan. Banyak CD/DVD yang rusak bukan karena goresan, tapi karena penuh dengan cap jari dan minyak dari makanan yang nempel ditangan. Belum lagi ada juga gamer yang PS-nya basah kuyup diguyur air minum yang tumpah karena tersenggol. Kalau gak mau terjadi sama kamu jangan deh main sambil makan.
  • Jika terjadi kemacetan pada stick coba periksa kabelnya. Jangan langsung buru-buru membeli yang baru. Kalau memang terjadi gangguan pada kabel, ganti saja kabelnya dengan yang baru. Cari dan beli kabel yang asli. Cirinya lebih panjang dan lebih lentur. Lumayankan duit kamu bisa dihemat untuk beli keperluan yang lainnya.
  • Jangan langsung membuang stick yang macet atau rusak. Simpan saja baik-baik dirumahmu. Siapa tahu kamu bisa memanfaatkan kembali stick tersebut. Kamu bisa mendaur ulang stick tersebut dengan cara mengambil salah satu komponen yang masih bagus. Dirumah saya ada setumpuk stick yang rusak. Biasanya saya mengambil karetnya yang ada bagian dalam dibawah tombol untuk digunakan di stick yang masih bagus namun karetnya sudah tipis/rusak.

Ada yang mau bagi-bagi tips lain? :ayuk:

ElevenGamer | Forum Diskusi Gamer PES WE FIFA Indonesia



komentar pembaca DHINATACOM

  1. sabichul says:

    kalo betulin ps 2 yang ngblank jadi biru gimana sich, kasi tau caranya ke e-mail saya di sabichul@gmail.com javascript:moreSmiliesAappendSmiley(‘:janganribut:’)

  2. ireal says:

    Mo bagi2 tips + nanya.
    Tipsnya, untuk perawatan stik. Stelah dbongkar, pcb nya dsapu dlu dgn kuas stelah itu di bersihkan dgn kuas/sikat gigi yg agak basah (alkohol). Bila karet stik blum rusak/sobek gunakan pensil tukang (pensil yg sring d pke oleh tukang bangunan) untuk melapisi bagian dalam karet yg hitam (jgn terlalu tebal). Untuk kbel stik, cek satu persatu dgn avo meter (itu yg kupake), tp ingat kabel nya hrus dlepas dlu dr pcb stik.

    pertanyaan sya : ps2 slim mlikku optikx msh bgus tp klo dhdupkan/memainkan game setelah 5 menit akan standby sendiri dan tdk bisa dhupkan kembali. Tp klo udah dingin bsa dmainkan lg tp cuma 5 lagi..knapa ya??.

  3. ireal says:

    Cara membedakan stick asli ama palsu, pada saat pembelian ckup dgn menekan pelan2 analog r3/l3 , stick yg bnar2 asli dr sony tdk akan menimbulkan suara ‘klik’/suara yg dkeluarkan pelan skali nyaris tak terdengar. Klo yg palsu suarax jelas dan nyaring ‘KLIK’ gtu bunyinya 😀 .

    Oh iyaaa…pertanyaanku di atas di jawb dsni ato ke mentayaku@gmail.com , sya benar2 berharap bantuannya.

  4. ireal says:

    percaya ato tdk ps1 ku udah kupake sjak 2002 sampai skarang blum pernah ganti optik, rata2 pemakaian tdk kurang dr 8 jam/hari krn drentalin d daerah pedalaman. (d kota udah kga laku). PS2 ku udah sjak 2005 bru ganti optik agustus 2010 kmaren dan terdapat msalah sperti yg ku tulis pertama di atas. Aku telaten merawatx tp saat rusak aku tdk bsa memperbaikinya, dmohon bantuannya.

  5. brown says:

    alo..
    mau nanya..
    stik ori mesin dengan kode casing belakang A ato H yang lbh bagus n tahan ya?

  6. fikaru_musouka says:

    PS2nya kenapa ya ??? kok gak bisa baca kaset selain kaset harvest moon ??? kemarin,,, 12jam nonstop main game harvestmoon :: save the homeland… pas besoknya main kaset lain gk bisa :tipi: tapi pas main harvestmoon bisa… main game lain juga gitu… udah puluhan kaset baru… mulus… n lurus… tapi gak bisa ke baca… ??? please help me ..

    saran agan buat bersihin pake CD cleaner juga tetep gak bisa ??? apa salahnya ya ??? :bingung:

    :tolong: ke FB or mail :: fikaru_ganbatte@yahoo.com

    arigatou gozaimasu … :cendol:

  7. power ranger says:

    :damn: sial sekali gak bisa benarkan playstasion :marah:

  8. rachmad axy says:

    :janganribut: seeetaaaannnnnnnnnnnn

  9. rachmad axy says:

    :kesel: :strees:

    stick gue macet smua..karetnya r1 r2 jebol.. ps2 nya juga ga kebaca.. uuuhhhh
    gimana solusi buat mulihkannya?….
    dibawa ke servise katanya ga bisa disetting,harus beli baru……
    padahal gue punya 5 ps direntalin jg..
    lima hari ini tekor abis dah gue,,,,

  10. rachmad axy says:

    :tendang: :hajar saja…ditukerin stick

    :ngakak:

  11. ilham_killims says:

    PS 1 aku gak bisa di buat maen masak aku masukin kaset gak bisa ngebaca
    hadooooooohhh!!!!!!
    please help me :tolong:

  12. akbar says:

    bung gua mau tanya yang sebelahnya optik tu yang warnanya emas kekuningan itu gua gosong trus gmana :ngacir:

  13. suhendar says:

    saya punya saran buat temen temen,ps nya yang masih optik ganti aja pake (hardisk) 5 tahun mantap,,,,,dan kalau mau beli stick sekalian yang ori 5 bulan di pake maknyus….6 tahun ngerental ps 2 dan ps 3 service stik sendiri,jalan terus :ngacir2: ngurusin stick :capedeh:

  14. ahmad muhadjir utama says:

    thanks ya skrg ps2 ku sdng di perbaiki nanti stlh di perbaiki ak akan merawat nya thanks ya

Petunjuk komentar:
1. Tolong tulis komentar yang berhubungan dengan topik artikel. Jangan mengirim SPAM!
2. Komentar yang tidak berhubungan atau SPAM akan dihapus.
3. Klik gambar emoticon diatas untuk menampilkannya pada komentar Anda.

Catatan: Beberapa emoticon yang ditampilkan merupakan hak cipta dari Kaskus.

*

home DHINATACOM


Home Article Index Contact Disclaimer F.A.Q


langganan majalah DHINATACOM
Artikel Terbaru

Internet Hemat dengan Paket Simpati di Bawah 1 GB

Membuat Jaringan Multimedia Server Dengan PC Windows dan Smartphone Android

Disclaimer . Contact Info . Privacy Policy . F A Q . Servis Komputer Tangerang
DHINATA.COM © 2008-2017 oleh Yoki DHINATA. Theme: D-Magz 3.1
Desain Tema oleh Yoki DHINATA. My Copyright Is Not Your Right To Copy.
Powered by WordPress. Hak Cipta Dilindungi.
home DHINATACOM