Blog Business Review Gadget Games General Highlight Humour Internet Mailbox Opinion Tips&Tricks Tutorial

Tips Meningkatkan Jumlah Pelanggan Feed



Author: DHINATACOM
Posted: 08.01.2009 at 12:24.
Last Updated: 08.01.2009 at 12:27.
8 Komentar.

Tidak bisa dipungkiri, salah satu motivasi penambah semangat kita dalam menulis untuk Blog adalah adanya pelanggan Feed, baik melalui feed reader maupun melalui email. Meskipun tidak semua pelanggan ‘meninggalkan jejak’ diblog kita dengan memberikan komentar diakhir artikel, namun paling tidak ada rasa puas tersendiri ketika tahu bahwa tulisan kita dibaca oleh ratusan atau mungkin ribuan orang setiap harinya.

Jumlah pelanggan feed memang bisa menjadi tolak ukur seberapa sukses dan berkualitas blog tersebut. Ketika melakukan blogwalking ke blog-blog lokal lainnya DHINATACOM mendapati masih banyak blog yang belum memanfaatkan Rss feed untuk mengkonversi pengunjung yang lalu lalang menjadi pengunjung tetap. Adapun penyebabnya menurut DHINATACOM adalah sebagai berikut:

  • Artikel untuk pelanggan dipotong. Ada yang hanya menyediakan setengah dari artikel, malah ada yang hanya sampai 1 paragraf.
  • Tidak memiliki tema spesifik. Menyebabkan pengunjung tidak memiliki minat untuk mendapatkan artikel terbaru.
  • Terlalu banyak menulis artikel diluar tema. Menulis tentang berbagai hal yang sebenarnya tidak ada kaitannya dengan tema utama blog. Pelanggan menganggap kiriman artikel dari Anda hanya membuat penuh Inbox mereka.
  • Menulis dengan tema yang tidak dikuasai. Misalnya, banyak blog menulis tentang Money Making Online atau Internet marketing namun kualitas bobot tulisannya masih kurang, hanya berupa saduran dan kutipan dari blog para master yang telah menulisnya terlebih dahulu.
  • Chicklet dan Form berlangganan sulit ditemukan. Entah mungkin karena warnanya terlihat samar dengan layout blog atau perhatian pengunjung tersimpangkan oleh banner-banner yang ada.

Point-point diatas mungkin hanya sedikit dari beberapa penyebab sulitnya mendapat pelanggan feed. Bagaimana solusinya? Ya, point diatas dirubah menjadi kebalikannya. Berikut ini tipsnya.

  • Memberikan artikel secara penuh. Jangan takut akan terjadi penurunan jumlah pengunjung, jika artikel menarik mereka juga akan berkungjung lagi kok untuk memberikan komentar juga untuk membaca komentar pengunjung lainnya.
  • Memiliki tema spesifik. Blog yang memiliki tema spesifik berpeluang lebih besar untuk memperoleh pelanggan. Jadi tentukan tema dengan mempertimbangkan minat, hobi, dan keahlian yang Anda miliki.
  • Menulis artikel yang berhubungan dengan tema. Porsi artikel yang berhubungan dengan tema sebaiknya lebih banyak dibanding artikel lainnya seperti kisah pribadi ataupun berita-berita yang sedang hot namun tidak behubungan dengan tema, yang sebenarnya bisa pengunjung dapatkan ditempat lain.
  • Menulis dengan tema yang dikuasai. Ini juga akan mempermudah diri Anda sendiri untuk mengupdate dan mencegah terjadinya kehabisan ide seperti yang banyak dialami blogger pada umumnya.
  • Letakkan Chicklet dan Form berlangganan ditempat strategis. DHINATACOM dulu juga pernah salah tempat :) Pengunjung blog ini sulit untuk menemukannya, seperti mencari jarum ditumpukan jerami hehehe…

Hasilnya DHINATACOM sekarang memiliki statistik jumlah pelanggan yang terus meningkat, sekitar 3-7 pelanggan perhari :)

Image Hosted by ImageShack.us

Semoga membantu ide



komentar pembaca DHINATACOM

  1. Cah Kontes says:

    Setuju banget!
    Kalau saya menjumpai blog yang hanya mengirimkan feed summary aja, rasanya sebel seh… hehehe…

  2. ipung says:

    Menulis dengan tema yang tidak dikuasai. Misalnya, banyak blog menulis tentang Money Making Online atau Internet marketing namun kualitas bobot tulisannya masih kurang, hanya berupa saduran dan kutipan dari blog para master yang telah menulisnya terlebih dahulu.

    Jadi bertanya-tanya.. apakah saya begitu yach? D

    Iya nih.. sepertinya feed saya masih kepotong.. ada alasannya sih diluar agar kunjungan meningkat.. kapan-kapan kayanya perlu dibahas juga nih D

  3. DollarHunter says:

    WAhh bener tuh bang.. yess

  4. belinda says:

    cara alternatif yang bagus buat meningkatkan trafic, makasih tipsnya D

  5. angger says:

    wah ok tuh infonya,
    makasih ya… ngacir

D . ( . P . diem . piss . kaget . nocomment . malu . mimpi . licik . ide . yess . tipi . tendang . sombong . sinchan . sial . senam . nyerah . ngiler . nggaya . nangis . musik . males . love . konslet . kembar . gatau . damn . bye . ayuk . belajar . tutupkuping . tolong . terharu . strees . serang . sendiri . ngakak . mimisan . mati . mantap . kesel . keren . kartukuning . kartumerah . fiuhhh . cendol . salaman . recseller . maho . marah . najis . kiss . bingung . berduka . takut . ngacir . ngacir2 . janganribut . capedeh .

Petunjuk komentar:
1. Tolong tulis komentar yang berhubungan dengan topik artikel. Jangan mengirim SPAM!
2. Komentar yang tidak berhubungan atau SPAM akan dihapus.
3. Klik gambar emoticon diatas untuk menampilkannya pada komentar Anda.

Catatan: Beberapa emoticon yang ditampilkan merupakan hak cipta dari Kaskus.

home DHINATACOM


Home Article Index Contact Disclaimer F.A.Q


langganan majalah DHINATACOM
home DHINATACOM