Blog Business Review Gadget Games General Highlight Humour Internet Mailbox Opinion Tips&Tricks Tutorial

Tips Pilah-Pilih Web Hosting Untuk Blog Pribadi



Author: DHINATACOM
Posted: 02.09.2008 at 11:11.
Last Updated: 02.09.2008 at 00:43.
7 Komentar.

Di Internet ada banyak layanan blog gratis yang banyak dimanfaatkan oleh para blogger dari seluruh penjuru dunia. Sebut saja WordPress, Blogger, Multiply, dan masih banyak lagi lainnya. Ketika pertama kali membuat blog pribadi, kebanyakan blogger pemula termasuk saya dan juga mungkin Anda biasanya akan terlebih dahulu memanfaatkan berbagai layanan blog gratis tersebut. Kegiatan blogging saat itu masih sekedar coba-coba dan hobi.

Seiring dengan berjalannya waktu, kebanyakan blogger yang sudah malang melintang didunia blogsphere akan mulai memikirkan untuk memiliki domain dan web hosting sendiri tanpa bergantung dari layanan gratisan lagi. Para pengguna layanan Blogger hanya bisa menggunakan nama domain sendiri namun hosting yang digunakan tidak bisa diganti. Berbeda dengan pengguna Blogger, para WordPress mania bisa lebih leluasa dalam memilih nama domain dan hosting mereka sendiri.

Dengan memiliki hosting berbayar sendiri pengguna WordPress bisa lebih banyak berkreasi ketika memodifikasi theme dan menggunakan berbagai plug-in untuk memaksimalkan fitur dan kemampuan blog engine WordPress. Nah, khusus bagi pengguna WordPress apa saja yang perlu dipertimbangkan ketika memilih hosting berbayar untuk blog? Berikut berbagai pertimbangannya.

  • Sistem operasi. Secara umum 2 sistem operasi yang biasa ditawarkan adalah Linux/Unix dan Windows. Pilih saja Server Linux karena harganya akan lebih murah. Linux dikenal tangguh dan stabil dalam menangani server. Linux juga mendukung modul PHP dan MySQL yang dibutuhkan oleh WordPress secara penuh.
  • Kapasitas. Sebagai langkah awal, minimal pilihlah kapasitas yang lebih dari 10 MB. Jangan kurang dari itu. Kapasitas ini bisa Anda tambahkan nanti dikemudian hari jika memang dibutuhkan.
  • Bandwidth. WordPress merupakan CMS blog yang cukup banyak memakan bandwidth. Sebagai permulaan pilihlah bandwidth minimal 1 Gb. Untuk pengunjung antara 400-500/hari gunakan minimal 5 Gb. Sesuaikan saja kapasitasnya dengan jumlah pengunjung blog Anda.
  • Harga. Pilihlah paket hosting dengan harga yang masuk akal. Mulailah melihat spesifikasi fitur dari daftar harga dari yang paling murah terlebih dahulu. Jangan tergiur oleh berbagai fitur dengan kapasitas tinggi namun tidak Anda pakai secara maksimal karena pengunjung blog masih sedikit.
  • Lokasi Server. Jika blog Anda berbahasa Indonesia dan mengharapkan pengunjung dari Indonesia, maka sewalah hosting di server Indonesia. IDWebhost dan Master Web Network adalah salah duanya. Keuntungan menggunakan server dalam negeri adalah blog Anda lebih cepat diakses serta peringkat blog Anda dalam mesin pencari bisa lebih baik.
  • Fitur penting lainnya. Hosting yang menggunakan Cpanel biasanya memiliki fasilitas Fantastico yang berguna untuk memudahkan penggunanya untuk mengugrade CMS WordPress ke versi terbaru. Fitur ini banyak membantu para pemula yang tidak ingin repot. Pastikan fitur ini ada jika memang Anda ingin mengguakannya.
  • Kredibilitas perusahaan. Jangan mudah tergiur oleh harga murah, fitur canggih, diskon dan berbagai tawaran menarik lainnya. Mintalah saran dan pendapat dari sesama blogger tentang web hosting yang ingin Anda sewa. Cara paling mudah adalah melalui forum online di Internet. Siapa tahu hosting yang dulunya bagus tapi setelah sekian lama performa serta layanannya bisa menjadi kurang memuaskan.

Ada yang mau menambahkan? ayuk



komentar pembaca DHINATACOM

  1. kalo web hosting lokal mahal2, paling banter MWN, IDWebHost, & ArdHosting…

    klo mw murah harus beli sama perusahaan hosting luar…itu baru murah…kalo perlu beli server’a sekalian…

  2. Hm, nampaknya sekarang sudah tidak berlaku lagi “murah = luar negeri”. PortalReksadana dihostingkan di RHI (www.idresellerhosting.com), servernya di Gedung Telkom Jakarta, paket termurahnya sudah dengan space 1GB dan bandwidth 20GB. So far PortalReksadana runs at blazing speed :)

  3. iyoy says:

    Kalo yg dhinata.com ini dmn beli domain-nya, kalo buat blogspot yg murah serta kualitasnya bagus dmn ya, binun mw nyari dmn. sebelumnya salam kenal.

  4. yalilodotcom says:

    sekedar share, coba pake layanan hosting berbayar bro, selama gw pake hosting xpdatacenter.com blum ada masalah. gw udah menghostkan 11 web gw di xpdatacenter.com smpe saat ini masih adem ayem aja(mudah2an sih selalu sehat wal’afiat smpe 3 tahun berikutnya) gw rekomendasiin xpdatacenter.com untuk hosting temen2 bloger. URLnya gw taroin di nickname ja ya.

  5. wmn_mania says:

    goyang dulu…. nggaya

    wah… masterweb skarang makin oke..
    ada paket webhosting Rp.950 sebulan/ Rp.12500 setahun
    ada juga paket domain Rp.39000 perdomain / bahkan gratis

    cek di
    http://ambil.info/webhostingindonesia
    http;//ambil.info/fitur

    recseller

  6. Pretty nice post. Aku hanya tersandung pada blog Anda dan ingin mengatakan bahwa saya telah benar-benar menikmati browsing posting blog Anda. Dalam hal apapun saya akan berlangganan feed Anda dan saya harap Anda menulis lagi segera!.

D . ( . P . diem . piss . kaget . nocomment . malu . mimpi . licik . ide . yess . tipi . tendang . sombong . sinchan . sial . senam . nyerah . ngiler . nggaya . nangis . musik . males . love . konslet . kembar . gatau . damn . bye . ayuk . belajar . tutupkuping . tolong . terharu . strees . serang . sendiri . ngakak . mimisan . mati . mantap . kesel . keren . kartukuning . kartumerah . fiuhhh . cendol . salaman . recseller . maho . marah . najis . kiss . bingung . berduka . takut . ngacir . ngacir2 . janganribut . capedeh .

Petunjuk komentar:
1. Tolong tulis komentar yang berhubungan dengan topik artikel. Jangan mengirim SPAM!
2. Komentar yang tidak berhubungan atau SPAM akan dihapus.
3. Klik gambar emoticon diatas untuk menampilkannya pada komentar Anda.

Catatan: Beberapa emoticon yang ditampilkan merupakan hak cipta dari Kaskus.

home DHINATACOM


Home Article Index Contact Disclaimer F.A.Q


langganan majalah DHINATACOM
Artikel Terbaru

Internet Hemat dengan Paket Simpati di Bawah 1 GB

Membuat Jaringan Multimedia Server Dengan PC Windows dan Smartphone Android

Disclaimer . Contact Info . Privacy Policy . F A Q . Servis Komputer Tangerang
DHINATA.COM © 2008-2017 oleh Yoki DHINATA. Theme: D-Magz 3.1
Desain Tema oleh Yoki DHINATA. My Copyright Is Not Your Right To Copy.
Powered by WordPress. Hak Cipta Dilindungi.
home DHINATACOM