Blog Business Review Gadget Games General Highlight Humour Internet Mailbox Opinion Tips&Tricks Tutorial

Tutorial desain theme WordPress: Pengenalan file dan fungsi



Author: DHINATACOM
Posted: 25.08.2008 at 12:10.
Last Updated: 25.08.2008 at 19:09.
26 Komentar.

Sebenarnya saya masih dalam keadaan kurang nyaman akibat monitor PC yang rusak, namun janji harus selalu ditepati. Pada bagian awal tutorial desain theme WordPress kita akan membahas beragam file yang diperlukan untuk membentuk sebuah theme untuk blog WordPress.

Pendahuluan

Sebelum membahas lebih jauh, ada aturan dasar yang perlu Anda pahami. WordPress telah membuat aturan dasar untuk memberi nama file-file dalam sebuah theme sesuai dengan fungsinya. Tujuannya adalah untuk memudahkan desainer dalam membuat theme sehingga ada standarisasi yang berlaku pada theme hasil karyanya. Apa saja itu?

File Standar (Harus ada)

  • index.php. Ini adalah file induk yang mengatur tampilan awal (homepage) sebuah blog. Lewat file ini Anda bisa menampilkan posting terbaru serta mengatur fitur pada halaman depan blog Anda.
  • header.php. File penting yang mengatur tampilan atas sebuah blog. Isi filenya adalah berbagai tag HTML seperti <html>, <head></head>, <title></title>, <body> juga berbagai macam meta tag.
  • single.php. Desain permalink (permanent link) blog WordPress diatur oleh file ini. Contohnya adalah halaman web yang sedang Anda baca saat ini. Fungsinya adalah untuk menampilkan artikel lengkap dari judul yang dipilih oleh pengunjung. Pengetahuan untuk mengolah file single.php sangatlah penting, terutama bagi yang suka bereksperimen dengan tataletak iklan pada blog.
  • page.php. Fungsinya untuk menampilkan Halaman (bukan posting) pada blog Anda. Misalnya halaman About Me. Contoh halaman pada blog ini adalah CV Yoki Dhinata dan Daftar Isi.
  • sidebar.php. Kalau Anda memang seorang blogger pasti tahulah yang namanya sidebar. Biasanya letaknya ada dikanan. Berfungsi untuk menampilkan widget dari berbagai fitur khas blog seperti kalender, blogroll, categories, dan lain-lain.
  • archive.php. Menampilkan arsip posting dari sebuah kategori dan tag. Desain pada file ini sangat penting dalam SEO karena mesin pencari akan menjelajah semua posting blog Anda melalui halaman arsip.
  • search.php. Berfungsi untuk menampilkan hasil perncarian yang dilakukan oleh pengunjung blog Anda (bukan dari search engine). Biasanya tampilannya mirip dengan file archive.php.
  • comments.php. Sesuai dengan namanya, file ini mengatur tanpilan form komentar serta berfungsi untuk menampilkan komentar pengunjung dalam sebuah artikel. ‘Teman setianya’ adalah single.php karena comments.php akan ditampilkan pada permalink sebuah artikel.
  • footer.php. Fungsi dan isi dari file footer.php adalah kebalikan dari header.php. Fungsinya untuk menampilkan bagian bawah sebuah blog WordPress. Berisi berbagai tag HTML penutup seperti </body> dan </html>. Biasanya digunakan untuk menampilkan copyright serta info seputar blog lainnya.
  • style.css. Layout, pewarnaan, serta berbagai efek desain diatur oleh file ini. Peran file style.css dalam theme blog sangatlah penting. Isi dari file style.css akan dibahas pada artikel membuat layout desain blog yang terbit beberapa hari yang akan datang.

File Tambahan (Tidak mutlak)

  • functions.php. File ini Anda butuhkan untuk mengaktifkan fungsi widget pada theme juga fungsi buatan Anda sendiri lainnya yang tidak standar dari WordPress.
  • 404.php. Fungsi dari file ini adalah menggantikan halaman 404 dari browser. Kode 404 adalah kode erorr yang muncul ketika sebuah website/halaman website tidak bisa dibuka atau tidak ketemu. Agar tampak lebih bagus dalam tampilan dan SEO, maka 404.php bisa Anda gunakan.
  • searchform.php. Berisi skrip HTML untuk menampilkan kotak input text yang digunakan untuk melakukan pencarian dalam blog. Sudah mulai jarang digunakan karena biasanya kotak pencarian sudah dimasukkan kedalam sidebar atau bagian lain pada blog.
  • screenshot.png. Sesuai dengan namanya adalah untuk menampilkan screenshot dari desain blog Anda dalam format PNG dengan ukuran 300×225 pixel. File ini boleh ada, boleh nggak. Kalau ada bagus, kalau gak ada juga gak apa-apa.

Yang perlu Anda tahu…

Meskipun beragam file theme WordPress dalam artikel ini dibagi menjadi 2 bagian yaitu File Standar dan File Tambahan, dalam peberapannya Anda memerlukan semua file tersebut untuk membuat sebuah theme yang lengkap. Namun ada juga beberapa theme yang bahkan tidak menyertakan beberapa file standar dalam paketnya. Misalnya theme classic yang selalu disertakan dalam paket CMS WordPress.

Theme bernama classic dari WordPress tidak menyertakan file single.php, page.php, dan search.php sehingga fungsi dari ketiga file tersebut digantikan oleh file index.php. Bisa digantikan karena memang fungsi dari keempat file tersebut sebenarnya sama namun tetap tidak bisa diberlakukan sebaliknya. Misalnya menggantikan index.php dengan single.php.

Pada artikel yang akan datang kita akan membahas beragam fungsi dari perintah PHP dalam WordPress.

Jangan sampai terlewat ya nggaya jangan lupa komentarnya ayuk

UPDATE: Informasi tentang 404.php dan searchform.php sudah ditambahkan.



komentar pembaca DHINATACOM

  1. tria says:

    malu waw …………….. blog nya good bgt asyik tuch learning nya

  2. chie says:

    :cekemail: recseller
    saya masih bingung belajar wordpress, bisa gx bnTu saya untuk mendesin wordpress dengan sempurna…?
    saya ingin tau cara memasukan gambar hasil print screen ke wordpress saya.

  3. business says:

    makasih buat infonya, lagi cari cara masukin “kata” pada bagian footer. Rencana untuk pasang link sendiri. Karena newbi, masih takut2 dan mencari info caranya harus bagaimana, minta bantuan donk :capedeh2:

  4. car review says:

    masih belum berani kutak-kutik nih, takut salah

  5. Nanto says:

    Mantep Dulur!
    Matur nuwun atas segala informasinya.

  6. Selamat sore sob kebetulan thema blog kesayayangan saya di dasbord kok gak ada fasilitas widgetnya tidak aktif bagaiaman caranya biar thema kesayayngan ini ada fitus widget yang bisa di setting lewat dasbord wp,
    mohon bantuanya shob

    happy bloging

  7. Jessica says:

    tips menarik.. sudah saya praktekkan dan berhasil

D . ( . P . diem . piss . kaget . nocomment . malu . mimpi . licik . ide . yess . tipi . tendang . sombong . sinchan . sial . senam . nyerah . ngiler . nggaya . nangis . musik . males . love . konslet . kembar . gatau . damn . bye . ayuk . belajar . tutupkuping . tolong . terharu . strees . serang . sendiri . ngakak . mimisan . mati . mantap . kesel . keren . kartukuning . kartumerah . fiuhhh . cendol . salaman . recseller . maho . marah . najis . kiss . bingung . berduka . takut . ngacir . ngacir2 . janganribut . capedeh .

Petunjuk komentar:
1. Tolong tulis komentar yang berhubungan dengan topik artikel. Jangan mengirim SPAM!
2. Komentar yang tidak berhubungan atau SPAM akan dihapus.
3. Klik gambar emoticon diatas untuk menampilkannya pada komentar Anda.

Catatan: Beberapa emoticon yang ditampilkan merupakan hak cipta dari Kaskus.

(required)

home DHINATACOM


Home Article Index Contact Disclaimer F.A.Q


langganan majalah DHINATACOM
Artikel Terbaru

Membersihkan Jamur di Dinding Apartemen

3 Hal Penting Yang Menentukan Kecantikan Pada Rumah Minimalis

Disclaimer . Contact Info . Privacy Policy . F A Q . Servis Komputer Tangerang
DHINATA.COM © 2008-2017 oleh Yoki DHINATA. Theme: D-Magz 3.1
Desain Tema oleh Yoki DHINATA. My Copyright Is Not Your Right To Copy.
Powered by WordPress. Hak Cipta Dilindungi.
home DHINATACOM