Blog Business Review Gadget Games General Highlight Humour Internet Mailbox Opinion Tips&Tricks Tutorial

WordPress dan Daging Ayam



Author: DHINATACOM
Posted: 27.12.2009 at 22:49.
18 Komentar.

my wordpress storyAwal Saya Mengenal WordPress

Sejak masih sekolah di tingkat SMP saya menyukai internet, website, dan web design. Beruntung, pada tahun 2004 banyak SMA di Indonesia membuka jurusan Multimedia. Salah satunya ada dikota tempat tinggal saya di kota Tangerang.

Saya lebih menyukai desain dibanding programming. Maka jika ada proyek untuk membuat website dari sekolah, saya selalu menjadi desainer sedangkan teman saya menjadi programmernya. Untuk mencari pengetahuan tambahan tentang desain web, saya sering berkunjung ke mesin pencari untuk mencari tutorial yang saya inginkan. Hasil pencariannya banyak mengarah ke blog para desainer web dari segala penjuru dunia.

Ketika melihat blog wordpress para desainer web, saya begitu takjub melihat tampilannya. Satu tanda tanya besar yang ada dipikiran saya saat itu adalah.. Bagaimana mungkin seorang desainer web yang lebih banyak bekerja dengan software grafis bisa membuat blog yang memiliki skrip programming yang sangat rumit? Blog-blog mereka sangat interaktif. Ada berbagai fitur seperti form komentar, polling, arsip artikel, juga form pencarian. Untuk membuatnya tentu dibutuhkan keahlian programming tingkat tinggi dalam bahasa PHP, AJAX dan MySQL.

Saat itu saya hanya tahu sedikit tentang WordPress. Saya hanya mengetahui bahwa WordPress.com itu adalah website layanan blogging namun tidak pernah tahu bahwa WordPress juga menyediakan paket CMS WordPress yang dapat didownload secara bebas dan gunakan pada self-hosting.
Akhirnya pada pertengahan tahun 2007, untuk pertama kalinya saya menginstall WordPress pada PC dengan webserver WAMP setelah mendapat petunjuk dari salah satu blog pebisnis online dari Indonesia.

Mengapa WordPress?

Dua alasan saya memilih wordpress dibanding CMS lainnya adalah karena WP itu user-friendly dan banyak penggunanya. Saya menggunakan WordPress sejak versi 2.1. Desain tema wordpress sangat mudah untuk dibuat dan modifikasi. Dengan kemampuan dasar tentang web design yang saya pelajari disekolah, hanya perlu sedikit penyesuaian untuk membuat desain tema buatan sendiri.

Dukungan dari para programmer diseluruh dunia membuat wordpress menjadi platform blog yang menakjubkan. Plug-in WordPress membuat saya lebih mudah untuk menambah berbagai fitur menarik pada blog saya sesuai kebutuhan. Biaya untuk membayar hosting WordPress jug ajauh lebih murah karena hanya membutuhkan server Linux yang dapat menjalankan PHP dan MySQL.

Sudah 2 tahun lebih saya fall in love dengan wordpress. Semua blog saya berjalan diatas platform wordpress. Mengapa saya begitu setia menggunakan wordpress? Karena bagi saya wordpress itu sama lezatnya seperti daging ayam hehe.. Ya, saya tidak sedang bercanda. Seekor daging ayam mentah bisa Anda buat berbagai masakan yang lezat seperti ayam goreng, sup ayam, ayam bakar, sosis ayam dan lain-lain.

Begitu juga dengan wordpress, seperti daging ayam yang dapat dibuat berbagai jenis masakan lezat, wordpress dapat menjadi apapun yang Anda inginkan. Dengan desain tema dan plugin yang tepat Anda dapat merubah wordpress menjadi blog pribadi, blog bisnis, company profile, toko online, dan berbagai jenis website lainnya.

WordPress and Chicken Flesh

Perjalanan Blogging Dengan WordPress

Sejak masih sekolah di SMA pada tahun 2005 saya secara rutin menulis artikel pada salah satu media cetak TI di Indonesia. Ya, saya suka menulis terutama bidang teknologi informasi seperti tips&trick dan tutorial. Sejak tahun 2005 hingga awal tahun 2008 saya menjadi penulis lepas pada media tersebut. Honor yang saya dapat, saya gunakan untuk membayar biaya sekolah. Belakangan artikel saya sering ditolak oleh redaksi. Misalnya dari 10 artikel yang saya kirim, mungkin hanya 2 yang diterima. Kebanyakan artikel saya lebih sering masuk recycle bin pada komputer mereka. Untuk menyalurkan hobi menulis saya, bulan maret 2008 saya membuat keputusan untuk membuat blog dengan tema teknologi informasi dan game.

Pada tanggal 31 Maret 2008 saya membeli domain dan hosting untuk blog wordpress pertama saya, dhinata.com. Uangnya berasal dari hasil pencairan cek Google AdSense pertama saya. Pada tanggal 1 April 2008 saya mengupload CMS WordPress beserta themes wordpress pertama buatan saya sendiri. Desainnya sangat sederhana.

Semua artikel yang tidak dimuat tabloid tersebut saya publish pada blog ini. Hasilnya sungguh mengejutkan! Rupanya banyak orang mencari apa yang selama ini saya tulis, bahkan artikel yang saya tulis pada tahun 2005! Sekarang ada lebih dari 1400 pengunjung perhari dan 2000 lebih pelanggan feed + email reader yang membaca tulisan saya setiap hari.

Perjalanan blogging saya tidak mudah. Satu tantangan besar pada saat awal mula blogging adalah biaya koneksi Internet. Biaya koneksi Internet di Indonesia cukup mahal. Maka saya sering memanfaatkan fitur Blog Post pada MS Word 2007. Saya menggunakan Internet melalui koneksi GPRS dengan menggunakan handphone sebagai modem. Saya jarang sekali memasukkan gambar maupun membalas komentar pengunjung pada artikel yang saya tulis karena koneksi internet saya yang terbatas. Keadaan itu saya alami kira-kira 4 bulan.

Sekarang saya sudah memiliki koneksi Internet unlimited dirumah. Biayanya saya dapatkan dari hasil money making online dari iklan-iklan yang tampil diblog ini. Belakangan saya mendapat berbagai penghargaan dari berbagai media, seperti masuk dalam “Blog of The Week” di media nasional Indonesia yaitu Koran SINDO (November 2008), termasuk dalam kategori 11 blog terbaik berbahasa Indonesia versi The Bobs, dan menjadi juara 1 dalam Kompetisi Desain Website Kompas MuDA – IM3 (Februari 2009).

Semua penghargaan tidak mungkin saya dapatkan jika tidak menggunakan WordPress. WordPress membuat kemampuan menulis saya menjadi semakin berkembang. Tanpa wordpress saya bukan apa-apa.

Terima kasih WordPress, terima kasih Matt Mullenweg, terima kasih kepada semua pengembang plugin WordPress dan desainer theme dan terima kasih juga untuk WpWebHost sinchan licik yess

My WordPress Story Contest

Tulisan ini berhasil menjadi juara 2 dalam kontes blogging Internasional yaitu menulis artikel tentang WordPress yang diselenggarakan oleh WPWEBHOST.

Thanks WPWEBHOST.. baca beritanya disini.



komentar pembaca DHINATACOM

  1. Rizkythea says:

    Wah selamat mas, meski saya belum begitu paham WP tp jujur tulisan ini emang keren love

  2. Septian says:

    Seperti pernah baca…ternyata bener…dulu pernah baca yg Versi English..ehehee….Sukses selalu broo D

  3. Dharma says:

    Sip bro… selamat nih buat penghargaannya…
    Penggemar PES juga ya?

    Salam,
    Wordpress Mania

  4. ilyasafsoh says:

    tulisan dan artikelnya mantapz

  5. bagus juga nih artikelnya …. noleh tahu dong resep2nya .. salam kenal dari belajar pintar

  6. yohan says:

    thanks sharingnya :)

  7. eta says:

    wkwkwk..padahal gak ada nyambungnya tuh wordress dan daging ayam…

  8. Mas, Slamet yaaa, Saya pengen webnya kaya mas udah banyak menangin penghargaan gitu… Saya baru blogger pemula, saya baru 3 bulan ol ngeblog, webnya masih sepi hahha bye masih pake domain yang gratisan,
    webnya top mas recseller

  9. Jomblo Anadi says:

    Kunjungi blog di wisnuvegetarianorganic.wordpress.com/

  10. salaman dari blogger Tangerang yang punya hobi sama

  11. CROCS City says:

    Lebih rumit mana bos antara WP dan joomla?

  12. salam kenal kak…. salaman

  13. madjongke says:

    belajar Keren banget nih postingan, Unik, panjang, dan menarik untuk disimak. Hehe, q juga suka ayam sob

  14. Jefry says:

    ternyata anda telah lama sekali blogging mewnggunakan blog wordpress, pasti banyak sekali pengalamannya
    jangan lupa untuk dibagikan ke kita semua..

D . ( . P . diem . piss . kaget . nocomment . malu . mimpi . licik . ide . yess . tipi . tendang . sombong . sinchan . sial . senam . nyerah . ngiler . nggaya . nangis . musik . males . love . konslet . kembar . gatau . damn . bye . ayuk . belajar . tutupkuping . tolong . terharu . strees . serang . sendiri . ngakak . mimisan . mati . mantap . kesel . keren . kartukuning . kartumerah . fiuhhh . cendol . salaman . recseller . maho . marah . najis . kiss . bingung . berduka . takut . ngacir . ngacir2 . janganribut . capedeh .

Petunjuk komentar:
1. Tolong tulis komentar yang berhubungan dengan topik artikel. Jangan mengirim SPAM!
2. Komentar yang tidak berhubungan atau SPAM akan dihapus.
3. Klik gambar emoticon diatas untuk menampilkannya pada komentar Anda.

Catatan: Beberapa emoticon yang ditampilkan merupakan hak cipta dari Kaskus.

home DHINATACOM


Home Article Index Contact Disclaimer F.A.Q


langganan majalah DHINATACOM
home DHINATACOM