Blog Business Review Gadget Games General Highlight Humour Internet Mailbox Opinion Tips&Tricks Tutorial

XP Tools: The Swiss army knife untuk Sistem Operasi Windows



Author: DHINATACOM
Posted: 27.08.2005 at 06:43.
Last Updated: 27.08.2005 at 15:22.
2 Komentar.

Bayangkan cukup dengan satu perangkat lunak maka system operasi Windows yang Anda gunakan akan menjadi lebih cepat, lebih aman dan lebih stabil ketika digunakan. Perangkat apa yang dapat digunakan untuk melakukan semua hal tersebut? XP Tools adalah jawabannya.

 Saking percaya dirinya, sipembuat program bahkan membuat slogan untuk XP Tools “The Swiss army knife for your Windows”. Apa yang dapat dilakukan dan fitur-fitur yang dimiliki oleh perangkat ini memang bisa dikatakan gabungan dari semua tool yang biasa kita gunakan untuk men-tweak dan memaintenance system operasi Windows.
 Meski perangkat lunak “serbaguna” ini bernama XP Tools, system operasi yang didukung tidak hanya Windows XP. Jadi bagi Anda yang masih menggunakan system operasi buatan Microsoft versi lawas dapat berlega hati karena XP Tools hampir mendukung semua versi Windows. Pada versi 4.54 versi yang didukung adalah mulai dari Windows 95/98/NT/ME/2000/XP/2003, untuk XP 64-bit program ini belum mendukung sepenuhnya. Silahkan unduh dulu file installasinya sebesar 3.72 MB di situs http://www.xptools.net. XP Tools tidak gratis tapi versi coba-coba bisa dinikmati selama 14 hari.

 Kira-kira ada 20 utiliti untuk memperbaiki, membuat gesit, memelihara dan melindungi PC Windows milik kita. Oleh karena fitur yang dimiliki oleh perangkat lunak ini sangat “komplit” penulis hanya akan memberikan beberapa gambaran setiap fungsi dan cara menggunakannya secara garis besar. Selebihnya Anda dapat mencoba-coba sendiri dengan mengikuti petunjuk yang ada pada menu [Help].

Clean up & Optimize

· Clean Disk
Penjelasan : Dapat Anda gunakan untuk membuang file dan data-data sampah dari harddisk, data yang sudah tidak dibutuhkan, dan memperluas ruang kosong dalam harddisk. Hasilnya system akan berjalan lebih cepat saat digunakan.
Cara penggunaan : Pilih menu Clean Disk, kemudian beri tanda cek list pada cek box yang disediakan yaitu Empty Recycle Bin, Internet History Files, Internet Cache Files, Temporary File. Tekan tombol [Clean Now] untuk memulai pembersihan.

· Clean Registry
Penjelasan : Tahukah Anda apabila sebuah program baru dinstall maka registry akan mencatat segala sesuatunya akan program tersebut berjalan dengan baik. Nah, saat program tersebut diuninstall kemungkinan proses penghapusan tidak sampai kedalam registry. Registry adalah jantung dari system operasi Windows, oleh sebab itu pembersihan registry wajib dilakukan untuk tetap membuatnya bersih dan tertata rapi sehingga system dapat bekerja dengan cepat dan stabil.
Cara penggunaan : Pilih menu Clean Registry, beri tanda pada area registry yang ingin diperiksa lalu tekan tombol [Check]. Pilih entry invalid yang ingin dihapus lalu tekan [Del]. Untuk menghapus semua entry registry yang bermasalah tekan [Ctrl]+[Del].

· Organizer StartUp
Penjelasan : banyaknya program yang di-load saat memulai Windows dapat ikut menambah lama waktu dan memakan banyak tenaga Windows. Oleh karena itu perlu adanya pengaturan startup bagi Windows yaitu dengan menghilangkan daftar program pada startup awal. Fitur ini mirim dengan msconfig yang sering kita gunakan pada Windows.
Cara penggunaan : Pilih menu Organize StartUp, klik kanan pada aplikasi yang ditampilkan dalam daftar, pilih [Remove]. Untuk menghentikannya pilih [Disable]. Aplikasi yang sedang berjalan ditandai dengan tanda segitiga berwarna biru.

· Optimize Memory
Penjelasan : fitur ini dapat Anda gunakan untuk membebaskan memory yang tidak terpakai, mirip dengan FreeRam XP tapi tingkat pilihan yang dimilikinya terbatas.
Cara penggunaan : Pilih menu Optimize Memory, lalu tekan [Free Memory]. Sebaiknya jangan mebuka aplikasi apapun saat sedang menggunakan fitur ini.

· Repair Shortcuts
Penjelasan : Saat menghapus file dan aplikasi sering kali kita sering lupa menghapus shortcut yang dimiliki oleh file atau program tersebut. Oleh sebab itu gunakan fasilitas ini karena dapat lebih efektif dan hemat waktu.
Cara penggunaan : Pilih menu Repair Shortcuts, beri tanda pada cek box [Start menu and desktop] atau [All Drive(s) specified with the ‘Driver List’ lalu tekan tombol [Scan].

Privacy & Security

· Clean IE Track
 Penjelasan : Yang ini tentu Anda sudah dapat mengetahuinya. URL, history, dan informasi pribadi lainnya dapat dihapus dengan tuntas. Juga informasi tersembunyi yang berada pada file index.dat.
Cara penggunaan : Pilih menu Clean IE Track, pilih URL yang akan dihapus lalu tekan [Del]. Untuk menghapus semua jejak tekan tombol [Clear All url(s)]. (Gambar B)

· Exe Password
Penjelasan : Administrator dapat menggunakan fitur ini untuk memblok program berektension Exe milik Windows yang memang dapat digunakan oleh para cracker utnuk menghancurkan system. Dapat juga sekadar untuk memberi pembatasan pada program apa saja yang boleh dibuka oleh pengguna.
Cara penggunaan : Pilih menu Exe Password, cari program berekstensi EXE, kemudian tekan tombol [Protect]. Masukkan password sebanyak 2 kali pada jendela yang muncul. Untuk menghilangkan proteksi tekan tombol [Unprotect]. (Gambar C)
Maintain & Control

· Manage Process

Penjelasan : Semua service dalam Windows dapat diatur melalui jendela ini. Service yang tidak dikenal dan dianggap berbahaya dapat di cap sebagai Forbidden Programs.
Cara penggunaan : Pilih menu Manage Process, pilih service yang Anda anggap sebagai benda “asing” yang berbahaya lalu tekan tombol [Kill] kemudian jawab [Yes].

· Protect IE
Penjelasan : Sekarang banyak program IM dan Download manager memasukkan plug-in tambahan pada IE agar pengguna dapat dengan mudah menggunakan layanan mereka. Namun jika toolbar tambahan sudah bejibun banyaknya mungkin saatnya mengatur ulang IE.
Cara penggunaan : Pilih menu Protect IE, masuklah ketab menu Add-Ons, pilih menu item yang akan dihapus lalu tekan tombol [Unregister].

· XP Uninstaller
Penjelasan : Fungsi fasilitas ini mirip dengan Add/Remove programs di Control Panel. Bedanya adalah kemampuannya yang lebih smart dalam menangani proses uninstall.
Cara penggunaan : Pilih menu XP Unsinstaller, masuklah kedalam tab men Installed Software, pilih software yang akan diremove kemudian tekan tombol [Unsinstall]. Jika ada program bandel yang meninggalkan bekas namanya tekan tombol [Delete Entry].

Special Utilities

· Backup Driver
Penjelasan : Driver yang terpasang bisa jadi mengalami masalah ketika melakukan upgrade keversi yang lebih baru ataupun bentrok dengan aplikasi atau komponen lainnya.
Cara panggunaan :  Pilih menu Backup Driver, tandai hardware mana saja yang akan dibackup drivernya, kemudian tekan [Backup Driver] untuk memulai proses. Untuk menjadikannya paket EXE pilih tombol [Make EXE package]. (Gambar D)

XP Tools memang sangat powerful untuk para pengguna OS Microsoft Windows. Satu hal yang patut disayangkan adalah perangkat lunak ini tidak bersifat gratis. Namun bila ingin melakukan registrasi harga yang perlu Anda bayarkan cukup sepadan.



komentar pembaca DHINATACOM

  1. Ada gak XP Tools yang gratisan bro???

D . ( . P . diem . piss . kaget . nocomment . malu . mimpi . licik . ide . yess . tipi . tendang . sombong . sinchan . sial . senam . nyerah . ngiler . nggaya . nangis . musik . males . love . konslet . kembar . gatau . damn . bye . ayuk . belajar . tutupkuping . tolong . terharu . strees . serang . sendiri . ngakak . mimisan . mati . mantap . kesel . keren . kartukuning . kartumerah . fiuhhh . cendol . salaman . recseller . maho . marah . najis . kiss . bingung . berduka . takut . ngacir . ngacir2 . janganribut . capedeh .

Petunjuk komentar:
1. Tolong tulis komentar yang berhubungan dengan topik artikel. Jangan mengirim SPAM!
2. Komentar yang tidak berhubungan atau SPAM akan dihapus.
3. Klik gambar emoticon diatas untuk menampilkannya pada komentar Anda.

Catatan: Beberapa emoticon yang ditampilkan merupakan hak cipta dari Kaskus.

home DHINATACOM


Home Article Index Contact Disclaimer F.A.Q


langganan majalah DHINATACOM
Artikel Terbaru

Internet Hemat dengan Paket Simpati di Bawah 1 GB

Membuat Jaringan Multimedia Server Dengan PC Windows dan Smartphone Android

Disclaimer . Contact Info . Privacy Policy . F A Q . Servis Komputer Tangerang
DHINATA.COM © 2008-2017 oleh Yoki DHINATA. Theme: D-Magz 3.1
Desain Tema oleh Yoki DHINATA. My Copyright Is Not Your Right To Copy.
Powered by WordPress. Hak Cipta Dilindungi.
home DHINATACOM